RSS

Pencak Silat…Beladiri Asli Indonesia….

23 Mei

Silat diperkirakan menyebar di kepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi, akan tetapi asal mulanya belum dapat dipastikan. Meskipun demikian, silat saat ini telah diakui sebagai budaya suku Melayu dalam pengertian yang luas, yaitu para penduduk daerah pesisir pulau Sumatera dan Semenanjung Malaka, serta berbagai kelompok etnik lainnya yang menggunakan lingua franca bahasa Melayu di berbagai daerah di pulau-pulau Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan lain-lainnya juga mengembangkan sebentuk silat tradisional mereka sendiri.
Pencak Silat merupakan kebudayaan yang terbuka yang mana sejak awal kebudayaan Melayu telah beradaptasi dengan berbagai kebudayaan yang dibawa oleh pedagang maupun perantau dari India, Cina, Arab, Turki, dan lainnya. Kebudayaan-kebudayaan itu kemudian berasimilasi dan beradaptasi dengan kebudayaan penduduk asli. Maka kiranya historis pencak silat itu lahir bersamaan dengan munculnya kebudayaan Melayu. Sehingga, setiap daerah umumnya memiliki tokoh persilatan yang dibanggakan. Sebagai contoh, bangsa Melayu terutama di Semenanjung Malaka meyakini legenda bahwa Hang Tuah dari abad ke-14 adalah pendekar silat yang terhebat.Hal seperti itu juga yang terjadi di Jawa, yang membanggakan Gajah Mada.

Silat berkembang di Indonesia dan Malaysia (termasuk Brunei dan Singapura) dan memiliki akar sejarah yang sama sebagai cara perlawanan terhadap penjajah asing.. Setelah zaman kemerdekaan, silat berkembang menjadi ilmu bela diri formal.

Organisasi silat nasional dibentuk seperti Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di Indonesia, Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (PESAKA) di Malaysia, Persekutuan Silat Singapore (PERSIS) di Singapura, dan Persekutuan Silat Brunei Darussalam (PERSIB) di Brunei. Telah tumbuh pula puluhan perguruan-perguruan silat di Amerika Serikat dan Eropa. Silat kini telah secara resmi masuk sebagai cabang olah raga dalam pertandingan internasional, khususnya dipertandingkan dalam SEA Games.

Selain menggunakan tangan kosong, pencak silat juga bisa dikombinasikan dengan memakai senjata antara lain:

* Keris: senjata kuno dan khas dari Indonesia, gabungan dari tempaan logam
* Kujang: senjata tradisional khas Sunda
* Sarung/Samping: Sejenis kain yang diikatkan di pinggang atau bahu untuk senjata efektif menangkal serangan dari senjata tajam.
* Batang/Galah: Tongkat yang terbuat dari kayu ataupun bambu
* Kerambit/Kuku Machan: pisau tajam seperti cakar harimau yang dapat diikatkan pada rambut wanita
* Sabit/Clurit.
* Sundang/Pisau.
* Badik: Senjata tradisional Bugis atau Makasar
* Tumbuk Lada”.
* Seligi
* Tombak/Lembing.
* Parang/Golok.
* Trisula/Serampang.

Pencak Silat telah berkembang pesat selama abad ke-20 dan telah menjadi olah raga kompetisi di bawah penguasaan dan peraturan Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa, atau The International Pencak Silat Federation). Pencak silat sedang dipromosikan oleh Persilat di beberapa negara di seluruh 5 benua, dengan tujuan membuat pencak silat menjadi olahraga Olimpiade. Persilat mempromosikan Pencak Silat sebagai kompetisi olah raga internasional. Hanya anggota yang diakui Persilat yang diizinkan berpartisipasi pada kompetisi internasional.

Kini, beberapa federasi pencak silat nasional Eropa bersama dengan Persilat telah mendirikan Federasi Pencak Silat Eropa. Pada 1986 Kejuaraan Dunia Pencak Silat pertama di luar Asia, mengambil tempat di Wina, Austria.

Pada tahun 2002 Pencak Silat diperkenalkan sebagai bagian program pertunjukan di Asian Games di Busan, Korea Selatan untuk pertama kalinya. Kejuaraan Dunia terakhir ialah pada 2002 mengambil tempat di Penang, Malaysia pada Desember 2002.

Selain dari upaya Persilat yang membuat pencak silat sebagai pertandingan olahraga, masih ada banyak aliran-aliran tua tradisional yang mengembangkan pencak silat dengan nama Silek dan Silat di berbagai belahan dunia. Diperkirakan ada ratusan aliran (gaya) dan ribuan perguruan.

Bangsa Asing juga mulai menghargai ilmu beladiri Asli bangsa Indonesia. Bahkan ada beberapa orang yang khusus belajar di Indonesia untuk mendalami dan mempelajari Pencak Silat lebih lanjut. Setelah dirasa cukup mereka pun kemudian kembali ke negaranya untuk membuka perguruan-perguruan Pencak Silat di negaranya masing-masing.

Nah, kita juga pasti tahu..beberapa waktu yang lalu memang sudah ada Film yang bertema tentang Pencak Silat yang ditayangkan di Bioskop. Judul film-nya sendiri adalah “MERANTAU”. Film ini tentang seorang anak muda laki-laki dari sebuah Desa di Sumatera Barat, yang harus menjalani tradisi merantau yang memang sudah sangat familiar di masyarakat Minangkabau khusus-nya. Merantau itu sendiri merupakan wadah penggemblengan mental seorang anak laki-laki dewasa untuk dapat mencapai jati diri-nya sebagai laki-laki sejati.

Film ini dibintangi oleh Iko Uwais…dan memang merupakan film yang full dengan action laga, khusus-nya gerakan Pencak Silat. Untuk Jurus Pencak Silat yang digunakan di film ini, mengambil dari gerakan Silat Harimau yang lebih menekankan serangan bawah…dan juga merupakan silat Khas dari Daerah Sumatera Barat.

 
2 Komentar

Posted by pada Mei 23, 2010 in Ilmu Pengetahuan

 

2 responses to “Pencak Silat…Beladiri Asli Indonesia….

  1. minarur

    November 7, 2011 at 11:13

    pesilat harus memepunyai sifat limo yang telah disebutkan gus maksum………….

     
  2. minarur

    November 7, 2011 at 11:15

    mooooooooooooohhhhhhhhhhhhh

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: