RSS

Kenapa sendi kita berbunyi “Krek!!”…

29 Mei

Siapapun anda tentu sudah pernah mengalami dan merasakan suara klik atau gemeretak pada jari tangan, kaki ataupun persendian tubuh yang lain. Ada kepuasan tersendiri ketika menggeliat atau kalau orang jawa bilang “mulet” dan bagian tubuh kita yang terasa capai mengeluarkan suara gemeretak “kretek..krek”. Suara itu bisa keluar karena diputar, di tekan, ditarik tergantung jenis sendinya.

Sehabis di pijat juga rasanya nyaman kalau jari tangan atau kaki kita di “jethutin / plitekin”. Tapi mungkin banyak di antara kita yang belum mengetahui asal muasal suara unik itu. Apakah karena engsel kita yang sudah berkarat dan butuh oli ? atau tulang keropos seperti kata iklan susu berkalsium tinggi ? Nah mari kita selidiki hal yang menarik ini..

Yah persendian di tubuh kita ada berbagai jenis ada yang merupakan sendi engsel seperti lutut, siku. Ada yang mampu kita putar dan gerakkan ke banyak arah seperti tulang leher dengan sendi putarnya. Ada sendi yang hanya mampu bergeser seperti tulang belakang kita. Ada juga sendi peluru yang berada pada tulang bahu kita. Masing-masing mempunyai fungsi dan gerakan tersendiri.
Sebagaimana mesin membutuhkan pelumas maka tubuh kita juga butuh “oli” alami. Tulang persendian kita mempunyai selaput sendi atau membran sinovial yang menghasilkan minyak sinovial. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas sehingga gesekan berjalan lancar dan halus dan tidak menimbulkan rasa nyeri atau sakit . Minyak sinovial juga mengandung berbagai jenis nutrisi dan campuran gas oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida.

***Letusan Gas dan Pergeseran Jaringan***


Nah, saat Anda mematah-matahkan tangan, ruangan berisi cairan di sekitar sendi akan meregang. Karena regangan itulah, gas di dalam cairan akan dilepaskan. Letusan gas-gas itulah yang menghasilkan bunyi di persendian. Menurut para ilmuwan, cairan sendi harus menyerap gas kembali beberapa saat sebelum Anda dapat membuat bunyi yang sama.
Tendon dan ligamen juga penyebab timbulnya suara. Jaringan lunak di persendian ini mirip dengan karet yang mengikat otot dengan ujung-ujung tulang agar tidak lepas. Begitu pula dengan ligamen yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya.
Saat persendian digerakkan, kadang-kadang tendon dan ligamen lepas dari tempatnya, namun segera kembali. Misalnya, saat lutut Anda berbunyi karena berdiri dari posisi duduk.
Pada penderita arthritis, suara gemeretak sangat mudah terjadi dan rasanya sangat nyeri. Tulang belulang kehilangan jaringan tulang rawan sehingga ujung-ujung tulangnya kasar. Cairan sinovial bertambah banyak sehingga sendi terasa kaku dan sakit.
Para ilmuwan telah mempelajari apakah kebiasaan mematah-matahkan sendi dapat memicu arthritis atau merusak organ tubuh. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tersebut dapat dilakukan kapan saja tanpa berisiko apa pun.

Meskipun demikian, penelitian lainnya menunjukkan bahwa aktivitas yang berlebihan akan merusak jaringan lembut di sekitar sendi sehingga tangan bengkak dan sulit digerakkan. So sudahkah anda gemeretakkan sendi anda hari ini….

Sumber :  www.livescience.com

 
31 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 29, 2010 in Ilmu Pengetahuan

 

31 responses to “Kenapa sendi kita berbunyi “Krek!!”…

  1. nita

    Desember 8, 2010 at 11:48

    kasih solusi ya untuk maslah diatas…karna saya sudah hampir satu tahun ini tulang belikat sata kalau diputar berbunyi dan leher saya sering pegal dan saya sudah konsultasikan kedokter katanya cuma kecapekan …tolong ada obat tradisonalnya g..tq

     
    • Abidin

      Juli 1, 2011 at 12:54

      Kepada Ibu Nita saya sangat mengerti keluhan Ibu. dan saya punya Solusinya silahkan buka WEB kami : jeligamatampuh dan ini no HP ku : 081575543971

       
  2. Speersill

    Januari 28, 2011 at 08:04

    Dzieki za ciekawy blog

     
  3. Taufik Rafli

    April 10, 2011 at 21:32

    Ini info yang saya cari-cari – karena belum tau penyebabnya … tapi terima kasih, sekarang sudah terang. Hanya saja, tidak ada penjelasan, kenapa setelah dipletekin buku jari, kemudian seperti merasa nyaman. Rasa pegal menjadi hilang.

    Apa yang terjadi? Adakah penjelasan mengenai ‘gas’ tersebut yang berkaitan dengan rasa pegal?

     
  4. Ussy

    Agustus 4, 2012 at 08:38

    Lutut saya sring skali bunyi gmeretek tiap sy berdiri kmudian mw duduk.ataw tiap sya mlaksnakan shlt ktika brdiri kmudian sujud.apakh itu klainan tulang?jka ya mhn solusinya.

     
    • benaya

      Oktober 10, 2012 at 17:56

      masa sihh

       
    • Anonymous

      Oktober 19, 2012 at 15:00

      kebanyakan tuh

       
  5. benaya

    Oktober 10, 2012 at 17:55

    kalo saya gk sering bunyi kretekk bunyinya kalo lagi cape doang

     
  6. Anonymous

    Oktober 19, 2012 at 14:59

    nih tugas guru biologi

     
  7. rinrin

    November 21, 2012 at 21:02

    saya baru berumur 19 tahun tapi sendi di lutut saya sering berbunyi jika hendak berdiri.. apa itu kelainan sendi???

     
  8. ando

    Desember 24, 2012 at 15:46

    lutut saya ke2 na selalu bunyi kemretak saat akan berdiri..apa penyebabnya.dan mhn solusinya

     
  9. Anonymous

    Desember 26, 2012 at 02:19

    terapi KIROPRAKSI perbaikan tulang belakang dan sistem syaraf
    hub +62 8 999 321 994

     
  10. kiro

    Desember 26, 2012 at 02:20

    terapi KIROPRAKSI perbaikan tulang belakang dan sistem syaraf
    hub +62 8 999 321 994

     
  11. Jager

    Desember 30, 2012 at 15:20

    Lutut saya Kopong/berlubang/kayak gak punya hormon gitu,,
    Saoalnya saya sering Onani dari kelas 1 SMP,, :D
    yang tau Kasi Solusi dong gimana cara Ngisi Ulang Hormon di lutut supaya gak Kpong.?
    Pliss…

     
    • Anonymous

      September 19, 2013 at 18:17

      Hahhahaha sama dong dengan saya.kopong onani terus

       
      • Anonymous

        Juli 14, 2014 at 19:19

        enak memang

         
  12. Anonymous

    Januari 25, 2013 at 14:34

    apa penyebab paha berbunnyi kretek-kretek saat jongkok

     
  13. Raditya

    Mei 10, 2013 at 10:07

    Lutut saya mudah sekali mengeluarkan bunyi.
    Misal saya luruskan kaki 1 menit, lalu kaki saya tekuk pasti langsung berbunyi. Bahkan ketika sholat, sewaktu akan sujud pasti selalu berbunyi

    Tapi sama sekali tidak terasa nyeri. Apakah itu berbahaya? Apa solusinya?

     
    • herlan

      November 11, 2013 at 02:22

      dulu saya juga gitu tp setelah minum susu berkalsium dah gak bersuara lagi,,!

       
  14. Anonymous

    Mei 30, 2013 at 22:38

    tolong diperjelas gas apa yang berisi di dalam cairan di sekitar sendi????

     
  15. MUHAMAD RAMDANI

    Juli 8, 2013 at 07:44

    SAYA SELALU SAKIT SENDI

     
  16. aprilia

    September 3, 2013 at 18:22

    Saya sering mengalami bunyi gemeretak ϑï bagian punggung tulang belakang saat saya menarik nafas, kadang kadang ϑï beberapa bagian ♈ɑ̤̥̈̊πƍ ƪάiή nya…gejala penyakit Άƿά itu??!

     
  17. calvin putra pratama

    September 7, 2013 at 20:39

    kenapa setiap saya bngun tdur, salat pasti lutut saya bunyi,, tapi terasa nikmat ??

     
  18. Muhammad

    September 16, 2013 at 00:36

    Lutut saya sering bunyi bila berdiri apa penyebab itu terjadi dan bagai mana menyembuh kan nya dan bahaya nya apa

     
  19. titin

    Oktober 2, 2013 at 10:03

    solusi pengobatannya hrus bgmana? soalnya lutut saya jg berbunyi kreeek

     
  20. wilda

    Oktober 9, 2013 at 12:14

    tiap saya balik ke kiri selalu ada bunyi di leher apa itu tidak berbahaya ? Dan bagaimana penyembuhannya ?? Ini sudah 2 bulan

     
  21. salman

    Oktober 25, 2013 at 00:07

    knpa lutut qu berbunyi jika di grakan ,atau berdiri. ?
    tpi jika stlah ltian bla diri bunyi itu tk ada, dan jika dah nda ltian kdang” bunyi lutut itu ada lagi.

    jdi apakah ltut qu kropos atau remuk ?

     
  22. Anonymous

    November 29, 2013 at 21:36

    sudah 3 tahun ini tulang di bahu saya selalu berbunyi apabila lengan saya, saya putar. Itu kenapa ya? kata dokter itu gara gara rongga tulang lebih besar daripada otot didalamnya. Apakah benar?

     
    • Anonymous

      Maret 17, 2014 at 18:59

      sama klw lengan sy putar terdengar bunyi kretek… walau berkali2 bunyix tetap ada

       
  23. ayha juwita

    April 10, 2014 at 13:28

    setiap hari bunyi “KREK” itu slalu ada n sangat menyenangkan bila d rsakan,,,
    apa hal trsbt dapt mengakibatka osteoporosis pd tlng,,
    mhn solusi n tips y

     
  24. Anonymous

    Juni 2, 2014 at 20:59

    Law sendi tlang bunyi ap obatnya

     

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

