RSS

Beda Kantor…Beda Suasana

02 Sep

Rabu (2 September 2009)…

Suasana tiap-tiap kantor pasti berbeda…ada kantor swasta dan kantor pemerintah. Untuk di kantor swasta, bisa kita lihat para pegawai yang bekerja disana beragam dari segi usia. Ada yang baru lulus kuliah (Fresh Graduated), Ibu-ibu dan Bapak-bapak muda, dan juga yang sudah uzur (biasa-nya mereka ini menempati posisi pimpinan).Sedangkan di kantor pemerintah (dalam hal ini BUMN juga termasuk), banyak dari para staff-nya sudah menikah dan berumur.Teman saya yang bekerja di salah satu Departemen yang mengurusi infrastruktur,pernah mengatakan kepada saya…”kok, kayaknya gue yang paling muda deh di kantor..”. Tidak aneh memang, karena kebanyakan para PNS merasa betah dengan pekerjaan-nya dan bekerja hingga tiba waktu-nya untuk pensiun.

Kalau di kantor swasta,banyak faktor yang mengakibatkan beragamnya usia para pegawai disana.Tekanan pekerjaan,kisaran gaji,politik kantor dan lain lain, bisa jadi pemicu seseorang untuk “keluar- masuk” dari suatu perusahaan ke perusahaan yang lain.Nah…kebanyakan keluar masuk itulah yang merubah komposisi usia para pegawai di kantor-kantor swasta.

Jika saya ditanya,pilih yang mana…suasana kantor pemerintah atau kantor swasta…??.Tentu akan saya jawab dengan beberapa pertanyaan balik,misalnya ;

  1. Apakah distribusi umur pegawai-nya beragam ?
  2. Apakah ada acara-acara hiburan untuk pegawai-nya ?
  3. Intrik dan politik kantor ? (Berat,Sedang,Ringan)
  4. Beban pekerjaan, apakah berat ?

Beberapa poin diatas, harus saya dapatkan jawaban-nya terlebih dahulu…baru saya dapat memilih yang mana yang saya sukai….Bukan-kah hidup itu banyak pilihan…??

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 2, 2009 in Uneg-uneg rutin

 

Tinggalkan Balasan

 
