RSS

Bingung campur PNS…

04 Sep

Ass’kum Wr.Wb…

Selamat Pagi teman-teman.Pagi ini saya merasa agak resah,bingung,cemas dan malas…semua campur aduk jadi satu. Saya tidak tahu kenapa bisa keroyokan seperti itu yang saya alami…tapi satu hal bagi saya, jika ada teman dekat dan akrab saya yang sedang mengeluh dan stress, secara otomatis perasaan saya pun akan demikian juga. Aneh bukan ??….saya merasa seperti ada ikatan perasaan yang kuat antara saya dan teman saya itu. Inilah yang saya rasakan sekarang….mendengar dia mengeluh di telepon, membaca shutout-nya di FB..hufff langsung berimbas ke perasaan dan pikiran saya.

Sampai di tempat kerja, saya langsung browsing-browsing…cari pengumuman CPNS Departemen PU…hmmm benar yang teman saya katakan, PU sudah buka. Saya coba baca secara teliti persyaratan-nya satu persatu…tengg…kok ada persyaratan Test TOEFL yang agak merepotkan ya. Yang merepotkan itu adalah jenis hasil Test TOEF/EPT harus di keluarkan oleh lembaga Bahasa LIA…???, aneh. Kalau yang saya punya, hanya hasil test EPT TOEFL keluaran PPB UI saja…itu pun tahun 2001. Kenapa sih setiap test CPNS itu persyaratannya harus yang macam-macam. Apa memang sudah budaya para Birokrat seperti itu ??…atau memang sudah warisan dari zaman Belanda ???. Yang jelas, sepengalaman saya ikut seleksi CPNS, hanya LIPI yang menurut saya lebih fleksibel dan mudah untuk di ikuti.

Lembaga LIPI itu sendiri adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yang berada di bawah koordinasi Menristek. Sistem penerimaan pegawai di LIPI menggunakan sistem On Line yang otomatis memudahkan para calon pelamar. Untuk Registrasi data, dapat dilakukan langsung melalui website-nya. Status dan perkembangan aplikasi lamaran juga dapat kita cek langsung di website LIPI kok, karena tiap-tiap pelamar mendapatkan user id untuk login ke account lamaran mereka masing-masing.

Tapiiii….kalau menurut teman saya, ada satu kendala bagi-nya untuk dapat ikut di test CPNS LIPI tersebut. Sistem-nya memang sudah bagus, tetapi LIPI menggunakan metode pengurutan IPK tertinggi untuk tiap-tiap kapasitas maksimal suatu formasi. Jadi jika IPK anda 4,00…maka anda dipastikan berada di urutan pertama sebagai pelamar yang dapat lolos seleksi administrasi. Dan, jika IPK anda 2,…sekian, maka IPK anda akan diurutkan dari mulai IPK tertinggi hingga terendah sampai kapasitas suatu formasi itu penuh. Nah, makanya teman saya itu selalu tidak lolos dalam seleksi Administrasi…karena IPK-nya adalah IPK “rata-rata”…meskipun dia dari PTN lho.

Mudah-mudahan segera muncul perombakan sistem penerimaan PNS di instansi pemerintah. Agar para pelamar yang “haus” untuk menjadi PNS, dapat mengikuti suatu seleksi yang adil dan tidak memberatkan….semoga saja.

Haahh!!, sudah jam 10??….aduuh dari tadi hanya menulis Blog terus….udah kerja sana !!!…hehehe

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 4, 2009 in Uneg-uneg rutin

 

Tinggalkan Balasan

 
