RSS

Old Hospital….

01 Okt

Ass’kum…

Merasa familiar dengan foto diatas ??….atau mungkin tidak ??. Foto diatas adalah foto dari suasana Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSUPN Cipto Mangunkusumo) pada tahun 1979. Masyarakat biasa mengenal rumah sakit ini dengan sebutan RSCM…(kalau menurut rekan sejawt saya, RSCM ini adalah singkatan dari Rumah Sakit Cepat…..hehehehe, lanjut-in sendiri deh).

Kalau teman-teman sempat berkunjung ke rumah sakit ini, apalagi pada jam kunjung pasien….fuuuuhhh, di setiap sudut rumah sakit pasti akan dijumpai para keluarga pasien (dan bahkan pasien-nya juga) yang duduk lesehan di lantai, antri di loket dan bahkan gelar tikar untuk tidur. Setiap hari-nya, pemandangan itu tidaklah aneh bagi saya….memang namanya juga rumah sakit pemerintah…hehehe.

Rumah sakit ini adalah rumah sakit rujukan nasional, selain itu juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan bagi para calon dokter khusus-nya di lingkungan FKUI. Gedung-nya sudah sangaaaatt tua sekali, dahulu dinamakan CBZ (Centrale Burgelijke Ziekenhuis)…waktu dulu masih disatukan dengan STOVIA atau istilah-nya “sekolah dokter jawa”. Kalau sekarang, gedung RSCM ini, masih mempertahankan bentuk asli-nya…hanya ada beberapa perombakan dan penambahan bangunan-bangunan untuk keperluan perawatan pasien dan Laboratorium.

Kalau kita mampir ke FKUI Salemba, melalui pintu belakang, akan terhubung dengan lorong dari RSCM yang memanjang hingga ke belakang rumah sakit. Biasa-nya para Mahasiswa FKUI dan dokter-dokter, hilir mudik lewat melalui pintu ini. Di sekitar pintu ini juga dapat kita temui Kafetaria Mahasiswa dan Beberapa pusat studi Ilmu-ilmu Kedokteran. Di RSCM sendiri, terbagi-bagi atas banyak departemen…saking banyak-nya, saya sampai lupa semua-nya…hanya beberapa saja yang saya ingat…misalnya Dep.Mata, Dep.Tumbuh Kembang, Dep.Bedah, Dep.Urologi, Dep.Radiologi, Dep.Penyakit dalam…dsb.

Untuk biaya perawatan pasien di RSCM, sangat terjangkau..khusus-nya para pasien dari keluarga yang kurang mampu dapat terbantu dengan ada-nya program JAMKESKIN (Jaminan Kesehatan Keluarga Miskin). Tapiii, ya itu tadi, mereka masih harus antri berjam-jam dan bahkan berebutan untuk mendapatkan giliran berobat. Tapi jangan salah lho, kabar-nya Gus Dur juga suka menggunakan fasilitas RSCM ini untuk berobat dan chek up kesehatan…jadi menurut hemat saya, RSCM itu Rumah Sakit untuk semua…hehehe….

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 1, 2009 in Foto Bicara

 

One response to “Old Hospital….

  1. Widya Septia

    Oktober 8, 2009 at 09:04

    kok gak diceritain bagian misterinya ndi…ceritain donk xixixixix :p

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: