RSS

Mau eksis ?, jangan lebay plisss…

31 Jan

hehehehe….malam ini saya jadi ketawa, kenapa ketawa ???….ya sejak Alhamdulillah bisa pasang speedy paket yang paling murah, saya jadi rajin buka-buka FB…makin hari makin banyak aja teman2 yang update status-nya aneh2 dan lucu….bahkan pernah ada yang sampai hal pribadi pun di tulis di status-nya…(ck…ck…ck…ck…ini bukan suara cicak loh =p)… saya juga terkadang suka mengupdate status…bahkan terkadang sering…ya semacam penyampaian uneg2 yang dipendam..hehehe…

Pernah sewaktu saya menonton televisi beberapa waktu lalu…ada sebuah iklan rokok yang menggambarkan aktivitas yang umum dilakukan dalam suatu komunitas sosial online yang sedang tren saat ini…..”mau eksis ?…jangan lebaayyy pliss..” ya kurang lebih seperti itulah bunyi jargon iklan tersebut…yang seakan-akan mengingatkan kita dalam berperilaku di komunitas social online tersebut.

Sebenar-nya FB (Facebook) itu menyediakan fasilitas update status adalah untuk menyalurkan apa yang ada di benak masing2 user FB tersebut….sehingga diharapkan dapat di-sharing ke teman2 sesama-nya. Coba deh anda lihat tulisan yang terdapat di sebelah kotak tempat menulis status “whats in your mind’…alias “apa yang ada di pikiran anda”. Nah dari hal itu pasti-nya yang diharapkan tertulis di status FB adalah sesuatu hal yang jadi uneg2 di pikiran kita dan merasa perlu untuk disampaikan kepada teman2 kita sesama user FB. Karena kita tahu, bahwa FB ini adalah miniatur dari suatu komunitas sosial yang di representasikan ke dalam dunia maya (Internet). Sehingga secara tidak langsung juga berlaku nilai2 sosial yang ada di kehidupan real sebenar-nya.

Oke, mengenai yang masalah pribadi di status FB….ini juga sebenarnya memang terserah kita masing2 user FB untuk menanggapi hal ini…tapi kalau ada seseorang yang menuliskan tentang pertengkaran suami istri di status FB-nya…atau mungkin sampai ada yang membentak orang tua-nya di status FB karena tidak emosi semata…tentu adalah kurang sesuai pada tempat-nya kalau menurut saya pribadi. Memang sich, itu bersumber dari uneg2 yang ada di pemikiran kita…tapi tentu-nya kita juga harus memikirkan apa yang akan terlintas di benak para pembaca status FB kita….mereka secara langsung akan mengetahui “berita terbaru” dari kehidupan pribadi kita.

Kalau kita berpikir, manusia itu memang mahluk sosial, dan ada satu sifat dasar manusia yang kita namakan ego dan aktualisasi diri. Wajar memang jika kita butuh untuk diperhatikan…butuh untuk ditanggapi….dan karena itu juga-lah maka semakin banyak pengguna2 website sosial online tersebut (termasuk saya =p)…ya itu tadi, karena sifat sosial dan aktualisasi diri yang dimiliki oleh manusia…

Jadi, sarana sosial online itu memang bagus untuk kita menjalin relasi sesama dan bahkan juga bisa menjadi sarana pemasaran yang efektif…tapi tetap hendaknya kita juga membawa rambu2 sosial di kehidupan kita yang sebenar-nya…agar kita juga bisa saling berinteraksi dengan baik dan penuh toleransi sesama..walaupun di dunia maya.

Jakarta, 31 Januari 2010…22.33 PM

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 31, 2010 in Uneg-uneg rutin

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: