RSS

Ucapkan Terima Kasih Kepada Benda Mati…

14 Mei

Night friends…

Maaf kalau judulnya agak aneh….Ada beberapa hal yang mau saya tulis (ketik) malam ini…awalnya sih tidak sengaja, dari mendengar ocehan dan umpatan orang-orang sekitar saya. Teman-teman semua pasti pernah mendengar seseorang yang mengeluh dan berkata “…dasar mobil rongsok…mogok lagi deh..”..atau mungkin ocehan ” aahh komputer jadul,tambah lemot banget sih….” dsb.Coba sebentar teman-teman ingat… dari sejak kita kecil…orang tua kita pasti selalu mengajarkan kita hal-hal yang baik sesuai dengan pengalaman beliau dalam menjalani hidup. Salah satunya adalah “ber-terima kasih”.Ambil contoh seorang anak kecil yang ikut jalan-jalan bersama kedua orang tuanya berkunjung ke rumah kerabat….suatu saat sang anak diberikan kue atau permen oleh salah seorang kerabat…pasti secara tidak langsung, orang tua kita akan mencoba mengajarkan kepada sang anak tersebut untuk mengucapkan terima kasih…mungkin dengan ucapan sang Ibu seperti “hayo, bilang apaa??..terima kasih oom/tante/kakak..”. Secara tidak langsung, sang anak pun akan terbiasa untuk berkelakuan seperti itu.

Setelah kita dewasa…dan makin banyak-nya pengaruh lingkungan di sekitar kita..maka secara tidak sadar, kita pun sudah semakin jarang untuk mengucapkan terima kasih terhadap segala sesuatu. Lalu kaitannya dengan “mobil rongsok” dan “komputer jadul” itu apa ??….begini teman-teman, kalau kita dibantu oleh seseorang dan kita pun mengucapkan terima kasih..itu sudah lumrah.Nah, bagaimana kalau dengan motor kesayangan kita yang telah membantu mengantar kita setiap hari pergi pulang ke kantor..atau komputer jadul yang walaupun jadul tapi sudah membantu laporan kita..presentasi kita di kantor…atau I-Pod kita yang tidak bosan-bosannya kita pakai untuk mendengarkan lagu dikala kita sedang sedih atau senang….apaj kita juga sudah berterima kasih kepada mereka..??

Kalau sekilas kita pikirkan..mungkin agak aneh ya, benda mati kok di ucapkan terima kasih ??….begini teman-teman, terima kasih kita itu tidak harus seperti berterima kasih kepada mahluk hidup sesama kita…tapi bisa kita sampaikan dengan cara merawat dan menggunakan barang-barang tersebut dengan baik….dan juga tidak seharus-nya kita mengumpat barang-barang kita ini dengan kekesalan kita…toh itu juga diakibatkan karena kita juga yang tidak merawat atau menggunakan benda itu dengan baik.

Allah berfirman di Al-Qur’an…”Kepunyaan Allah-lah apa yang ada di langit dan di Bumi..”….jadi meskipun itu benda mati…mereka juga dahulu terbuat dari unsur alam yang hidup… sebenar-nya wajar kalau kita marah dan kesal terhadap barang-barang kita yang mungkin mulai “ngadat”..saya pribadi pun juga terkadang seperti itu….tapi akan lebih baik kalo kita juga mengingat fungsi dan jasa dari barang-barang kita tersebut…bukankah itu juga kita dapatkan dengan segala usaha dan rezeki dari Allah…?….

Yah, sekedar menulis (mengetik)n aja nih…Insya Allah mudah-mudahan semua bisa lebih baik lagi kedepannya…Amiiin. =)

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 14, 2010 in Ruangan Pribadi

 

4 responses to “Ucapkan Terima Kasih Kepada Benda Mati…

  1. Widiazepam

    Mei 17, 2010 at 09:42

    Copas dari Note FB lu ya ?….kek nya dah pernah gue baca…

     
    • aesculapia

      Mei 17, 2010 at 10:00

      iya Wid.. =D pengen aja gw pindahin ke Blog sini…biar rame….

       
  2. Gun Sar

    Mei 17, 2010 at 09:43

    Inspiratif banget…thanks buat tulisannya.

     
    • aesculapia

      Mei 17, 2010 at 10:22

      Iya Mas Gun…sama2…itu cuma sekedar pemikiran saya aja Mas…hehehe, masih ngawur2 kok kalimat-nya….;p

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: