RSS

30 hari….dengan yang baru

04 Jul

Met Siang…

Walah…baru sempat nulis blog lagi…udah hampir 1 bulan ditinggal nggak ditengok2….gara2 pindah ke tempat baru…kerjaan baru yang cukup “menculik” beberapa kegiatan en kebiasaan saya.

Ngomong-in tempat baru…saya hitung2, kayaknya udah 1 bulan saya di tempat baru ini..yah memang sih saya pindah kesini karena melihat jumlah nominal aja….lebih ke arah materi deh singkat-nya…tapi saya baru sadar, ternyata nggak semua yang orientasi-nya ke materi itu bisa menimbulkan kenyamanan loh.

Saya ingat hari pertama saya datang ke kantor saya yang baru ini…nggak ada yang aneh memang…wajar en sama seperti kantor2 yg lain…saya diantar oleh seorang staff SDM yang dulu wawancara saya, untuk keliling2 lantai…berkenalan dengan semua karyawan dan bos-bos di kantor ini. Sekilas pemikiran saya…”wah ramah2 ya orang disini…welcome banget…semua-nya senyum loh”….nah setelah kurang lebih 2 jam saya keliling2…(ada 3 lantai)…balik lah saya ke tempat dimana saya akan duduk dan menghabiskan waktu 9 jam di kantor….di lantai 9. Sehabis acara kenalan selesai…saya langsung duduk di tempat saya…seperti-nya lumayan enak….bangku-nya standar…komputer-nya…ya standar lah…tapi ada yang agak mengganjal saya….ternyata saya satu ruangan dengan bos alias manager saya…en duduk-nya disamping saya pula…hanya dibatasi oleh sekat partisi yang tinggi-nya nggak seberapa…haduuuh.

Yang namanya hari pertama, pasti nggak kerja lah…tapi secara tiba2, Manager saya ngomong “….lu nyantai2 aja dulu Ndi…gw blum mau kerja-in lu…ntar lu keburu resign lagi…”. *Siiighh..*…langsung kaget gw denger-nya…tapi sambil nyengir2 aja lah…pura2 nggak kaget…langsung deh gw agak illfeel denger-nya…ada apaan nih kok tiba2 pak Bos bilang seperti itu.

Agak sore-an dikit, masih di hari pertama….temen saya satu bagian…tiba2 langsung  menyodori saya beberapa tumpuk kertas…kayaknya sih kerjaan…en dia bilang ke saya ” ini beberapa form pembayaran en transfer..lu coba2 aja kerjain dulu..sambil belajar..”. Piye toh….katanya tadi nyantai2 dulu…kok langsung disuruh kerja…capee deh, tapi ga pa pa…masih dicoba tetep semangat kok…en langsung aja saya coba2 kerjain..sambil bingung ngutak2 atik komputer yang ternyata belum disetting username…(ya iya lah, kan hari pertama Pak )

Teng…Tong….saya lihat jam dinding, waduuh udah jam setengah enam aja…nggak terasa…tapi kok pada belum pulang ya…malah teman samping saya masih terus kerja…kayaknya alamat pulang malem nih. Dan ternyata benar….akhir-nya saya pulang jam 8…..in my first day…

hari kedua…en hari2 berikut-nya…saya semakin mengenal pekerjaan en baik buruk-nya tempat saya yang baru ini. Berhubung bos saya hanya punya dua anak buah…saya dan teman saya, maka dibagi-lah pekerjaan kami. Untuk teman saya, dia meng-handle masalah tender dan administrasi pihak ketiga (OB,Driver, dan Kurir…yang ternyata mereka itu di Outsourcing…padahal dulu waktu wwcr…bilang-nya nggak ada Outsourcing disini). Nah kalo jatah saya, sederhana kok (kata bos saya)….saya menangani masalah pelayanan umum…ATK (pemesanan dan delivery), Cash Advance buat Operasional sehari2 , pembayaran telepon dan Black Berry para Direksi…en Cash Advance pembelian alat2 kebutuhan Pantry…yang semuanya itu total-nya 30 Juta…weleh2….plus LPJ setelah pemakaian dana-nya. Itu aja ??…nggak masih ada lagi, pengaturan jadwal driver en pemakaian kendaraan operasional yang jumlah-nya cuma tiga biji..eh salah, maksud-nya tiga mobil…dan dipakai rame2 satu kantor sebanyak 200 karyawan…nah saya tuh yang harus mengatur pemakaian-nya…ajiib deh. Pembayaran2 tagihan yang numpuk juga jadi tanggung jawab saya….en nggak boleh telat, kalo telat…bisa “disemprot” sama pihak yang punya tagihan en nggak terkecuali bos saya jug…huhuuhuhu.

Setiap hari itu, kalo temen2 lihat….pasti beda banget deh antara meja saya en meja teman disamping saya. Bukan dari bentuk-nya loh…bentuknya sih sama, tapi tumpukan kerjaan diatas-nya. Kalo di meja teman saya, bersiiiiiih…kossssooooong…cuma ada Keyboar, monitor…air en Teh aja..sesekali dia minta dibikinin kopi sama OB. Nah, kalo meja saya…udah kayak “pegunungan”…maksud-nya pegunungan kertas2 kerjaan yang numpuk bagaikan komplek Bukit Barisan..hahahahahaha…dan itu harus selesai same day…arti-nya kerjaan masuk hari ini…berarti harus selesai juga hari ini…..akibat-nya saya sering pulang setelah jam delapan malam…

Dari segi suasana lingkungan….saya agak kesulitan kalo mau cari makan siang…untung-nya sekarang udah bawa bekal dari rumah….tapi pas awal2, saya mau makan siang yang murah…susaaah banget. Nasi Goreng aja, yang saya kira dengan harga 8000 udah bisa di beli….ternyata harga-nya sampai 25 ribu….apa apaaan tuh??…..mentang2 di SCBD…yang kawasan elit mungkin ya…jadi-nya nasgor aja tembus harga segitu…..weleh2.

Terus mengenai karakter orang2 di tempat ini….hmmm…sekarang2 baru saya bisa sedikit faham..ternyata mereka mau gampang-nya aja…apalagi bos2-nya…udah belagak kayak pejabat aja…main gampang kalo memberi suruhan.Telat dikit remburs-nya..udah “berkicau” deh tuh para bos-bos…mending kalo cuma ngomel ke saya…nah ini kebanyakan disampai-in ke bos saya…nah kena deh saya kalo pagi2 selalu di “semprot” gara2 komplen bos-bos lain. Selain itu, mereka2 disini juga boros banget kalo pakai apa2…bukan cuma duit aja yang diborosin….pemakaian ATK juga tuh…seenak-nya aja. Kartu nama yang jumlah-nya 3 box…cuma dalam waktu 2 minggu, udah habis…..masya Allah…di kemana-in tuh, jangan2 di tebar2-in di jalan ya..atau nggak dijadi-in buat main kartu Remi mungkin ya whahahahaha :p.

Terus kalau pesan ATK, nggak tanggung2…langsung beberapa dus…nggak pake beberapa pcs (Pieces) lagi…diangkut semua ketempat-nya masing2. Apa mungkin karena modal-nya banyak…disuplai terus dari berbagai sumber…jadi-nya nggak takut bangkrut…en karena dilindungi undang2 juga…i don’t know….

Yang pasti, udah 1 bulan ini, saya merasa tertekan..walau mungkin nggak seberat minggu2 pertama…tapi masih aja ada perasaan terkurung en nggak nyaman dengan suasana yang ada….kalo di kantor yang dulu…nggak pernah saya stress en tertekan dengan suasana-nya…nah kalo di sini, tiap bangun pagi…apalagi Pagi hari Senin….fiuuuuuuhhh…langsung lemes rasa-nya…kebayang kerjaan yang numpuk plus muka Bos yang lagi murka…assoooy dah, bikin sarapan pagi yang tadi-nya selalu saya habiskan..eh ini malah jadi nggak bisa habis alias sisa…

Makanya tiap saya pulang cepat…(sesuatu yang langka disini)..saya selalu mengarahkan motor saya untuk sekedar mampir atau lewat di kawasan gedung kantor saya yang dulu. Walaupun memang harus memutar balik…tapi tinggal lurus saja en hanya beberapa ruas jalan saja yang macet. Kalo sudah mampir en ketemu dengan teman2 kantor yng lama…saya jadi ceria en lega…ada perasaan adem en kangen dengan canda mereka…suasana disana…en pekerjaan saya sebelum-nya.

Meskipun di kantor lama saya saya termasuk staff yang rendah posisi-nya…dan gaji saya mungkin nggak seberapa dan tergolong rendah…tapi saya merasa dihargai…dan juga jadi kebanggaan divisi saya..karena pekerjaan dan proyek yang saya handle tersebut adalah sesuatu yang masih baru dan belum pernah ada disana…sehingga dalam rapat2 direksi dan pimpinan, selalu hasil pekerjaan saya itu dibahas…Alhamdulillah. Tapi disini…di tempat baru..saya merasa seperti tidak dihargai…dianggap pesuruh yang harus membawa dan mengantarkan pesanan dan perintah mereka…seringkali jika tidak ada OB..saya yang harus mengantarkan sendiri ke meja mereka….mengangkat…mendorong dan mengganti alat2 yang rusak, terkadang saya sendiri yang mengerjakan. Sementara teman samping saya, yang mungkin lebih dulu masuk daripada saya (padahal status-nya sama)…dengan enak-nya dia hanya duduk dan mengerjakan pekerjaan ringan sambil sesekali mengecek pekerjaan saya…layaknya “bos belum jadi”…

Andaikata saya diberi kesempatan….tentu ada keinginan untuk kembali ke tempat saya semula…di kantor saya yang lama…tapi jika melihat secara materi dan kondisi karier, saya jadi ragu…tapi satu hal yang saya pelajari…bahwa TIDAK SEMUA YANG BERORIENTASI MATERI DAN UANG ITU MENDATANGKAN KENIKMATAN HATI…KARENA ADA SESUATU YANG TIDAK BISA DIBELI OLEH UANG….YAITU KENYAMANAN DAN KETENANGAN JIWA…

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 4, 2010 in Uneg-uneg rutin

 

2 responses to “30 hari….dengan yang baru

  1. laurentiadewi

    April 16, 2011 at 20:50

    wah, pernah juga ada pengalaman serupa.
    menurut saya pekerjaan itu jodoh2an juga..

     
    • aesculapia

      Mei 1, 2011 at 11:48

      Iya Mbak…setuju, kadang malah ada yg sampe 10 kali pindah baru saklek en cocok….

       

Tinggalkan Balasan

 
